Apa Benar Konsumsi Ikan Bisa Perpanjang Usia? Ini Kata Ahli


Jakarta - Banyak manfaat yang dirasakan tubuh jika Anda sering mengonsumsi ikan. Salah satunya bisa memperpanjang umur. Benarakah? Ini kata ahli.

Ikan kaya akan protein, vitamin, dan minyak sehat. Minyak ikan sendiri kaya akan asam lemak Omega-3. Beberapa tahun belakangan, minyak ikan jadi perhatian para peneliti dan produsen suplemen. 

Penelitian terbaru mengungkap kalau ikan bisa tingkatkan kesehatan radiovaskular dan kurangi peradangan. Para ahli menyelidiki data dari NIH‐AARP Diet and Health Study, sebuah penelitian terbesar soal kesehatan dan makanan. Penelitian tersebut diikuti sebanyak 240.729 pria dan 180.580 wanita selama 16 tahun.

Apa Benar Konsumsi Ikan Bisa Perpanjang Usia? Ini Kata Ahli

Sedangkan bagi wanita yang banyak mengonsumsi ikan punya penurunan angka kematian akibat penyakit radiovaskular sebesar 10 persen dan alzheimer sebanyak 38 persen.

Berfokus pada konsumsi Omega 3 para peserta, peneliti menemukan jika pria dan wanita yang konsumsi Omega 3 punya penurunan angka kematian akibat kardiovaskular sebesar 15-18 persen.


Apa Benar Konsumsi Ikan Bisa Perpanjang Usia? Ini Kata AhliFoto: iStock

Namun, hasil ini hanya berlaku pada konsumsi daging ikan dengan cara direbus atau dikukus alias tidak berlaku pada sajian ikan goreng. Walau tak terlalu berdampak pada pria, konsumsi ikan goreng yang terlalu banyak berakibat pada peningkatan risiko penyakit pernapasan, dan kardiovaskular pada wanita.

Ini karena ikan goreng mengandung lemak trans sehingga meningkatkan kepadatan energi. Hal inilah yang memangkas kinerja Omega-3 pada tubuh. 

0 Response to "Apa Benar Konsumsi Ikan Bisa Perpanjang Usia? Ini Kata Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel