Harga Telur Meroket Ganti dengan Sederet Makanan Ini, Nutrisinya Sama

HARGA telur dalam sepekan terakhir dikabarkan meroket dari yang semula Rp22 ribu per kilogram sejak Ramadan lalu, di beberapa pasar di Jakarta kini rentang harganya sekira Rp25 ribu hingga Rp29 ribu per kilogram. Bahkan pada tingkat pedagang eceran harga telur per kilogramnya telah mencapai Rp32 ribu.

Melihat harga telur yang semakin mencekik leher tersebut, memaksa ibu-ibu untuk berpikir keras, menyiasati, mengganti telur dengan makanan lainnya yang memiliki nutrisi yang sama atau bahkan lebih baik, dan tentu saja harganya pun tetap terjangkau.

Melansir laman Foods Matter, Rabu (18/7/2018), kandungan telur seperti protein, lemak, vitamin A, zeaxanthin, vitamin D, dan lainnya ternyata juga bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan.

Ikan
Hasil gambar untuk OLAHAN IKAN segar
Telur memiliki kandungan protein seimbang yang sangat baik. Namun, saat harga telur mahal ibu rumah tangga bisa menggantinya dengan ikan, yang bahkan juga mengandung lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh otak dan mampu mengurangi peradangan. Selain ikan, ada juga daging yang diolah dengan diasap atau bakar.

Tempe, tahu serta olahan kedelai lainnya
Hasil gambar untuk tempe tahu segar

Telur pun mengandung lemak yang ternyata berbeda dengan kacang, keju, mentega, ikan, dan daging. Untuk menggantikan telur, Anda bisa menggunakan butir lecithin kedelai. Ingin yang praktis tentu saja Anda bisa mengolah tahu dan tempe serta olahan berbahan kedelai lainnya. Cara mengonsumsinya bisa taburi di atas bubur atau dicampurkan ke dalam sup.

Jagung
Hasil gambar untuk jagung
Antioksidan zeaxanthin yang ada di telur dapat digantikan dengan jagung yang juga memilikinya. Memakan jagung yang berwarna kuning bukan jagung Afrika putih sama dengan memakan telur. Anda bisa merebusnya atau dibuat bubur jagung untuk sarapan.

Ikan sarden dan mentega
Hasil gambar untuk Ikan sarden dan mentega
Untuk menggantikan vitamin D yang larut dalam lemak yang ada pada telur, Anda bisa memilih salmon, sarden, mackerel, dan mentega. Selain itu, Anda pun bisa berjemur di bawah sinar matahari, tapi jangan berlebihan dan oleskan tubuh dengan tabir surya terlebih dahulu

0 Response to "Harga Telur Meroket Ganti dengan Sederet Makanan Ini, Nutrisinya Sama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel