Kenapa Anak Benci Makan Buah dan Sayuran? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Hasil gambar untuk anak tidak suka sayur
Secara biologis, sangat tidak masuk akal bagi anak-anak untuk makan makanan yang tidak memberikan energi. Faktor biologis lainnya yang menyebabkan anak-anak tidak menyukai sayuran dan buah adalah rasa. Sebagian sayur dan buah punya rasa yang pahit, sesuatu yang dibenci anak-anak.
Menurut laman Psychology Today, manusia pada umumnya terlahir untuk lebih memilih makanan yang manis. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga manusia akan menyukai makanan pahit. Ingat, salah satu ciri khas makhluk hidup adalah adaptasi, begitu juga dengan makanan. Lidah manusia akan cenderung memilih makanan yang sudah dikenalnya.
Hasil gambar untuk anak tidak suka sayur
Dari pemahaman tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa anak menolak makan sayur atau buah karena tidak terbiasa dengan rasanya. Salah satu faktor penyebab adalah ASI. Anak biasanya mulai belajar mengenal makanan dari rasa ASI yang berganti-ganti sesuai dengan apa yang dimakan ibunya.
Bayi yang mendapat ASI akan terbiasa dengan berbagai rasa baru sehingga lebih mudah untuk diajari. Hal yang berbeda terjadi kepada bayi yang mendapat asupan susu formula. Karena rasanya sama dan itu-itu saja, mereka akan lebih sulit terbiasa dengan rasa baru sehingga cenderung menolak sayuran atau buah yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya.

0 Response to "Kenapa Anak Benci Makan Buah dan Sayuran? Ini Penjelasan Ilmiahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel