Pejuang Diet? Ini 4 Trik untuk Kurangi Porsi Makan Siang Anda

Hasil gambar untuk ILUSTRASI DIET

Jakarta - Mengatur pola makan untuk menjadi lebih sehat tidak hanya seputar menu yang Anda makan. Jumlah atau porsi makan pun harus turut diperhatikan, agar program diet penurunan berat badan menjadi maksimal.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengurangi porsi makan siang tanpa harus tersiksa karena lapar. Bagaimana caranya?

1. Gunakan Piring Kecil

Nutrisionis sekaligus penulis buku 'Slim by Design', Dr Brian Wansink, mengatakan piring dan alat makan yang lebih kecil bisa membuat Anda mengurangi porsi makan. Sebabnya, semankin besar piring yang digunakan, semakin banyak pula makanan yang dimakan.

Tidak hanya piring, alat makan lain seperti sendok dan garpu pun memberikan efek serupa. Jika sudah terbiasa melakukan trik ini, lambat laun porsi makan Anda pun akan berkurang dengan sendirinya.

2. Makan Buah Sebelum Makan

Pakar saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menyebut makan buah sebelum makan bisa membuat perut lebih kenyang. Hal ini dikarenakan buah mengandung serat yang butuh waktu lebih lama untuk dicerna.

Makan buah seperti pisang dan apel 15-20 menit sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan Anda, dan membuat porsi makan siang lebih sedikit.

3. Minum Air Tiap 2 Jam

Usahakan minum satu gelas air putih setiap 2 jam. Dengan begitu rasa lapar palsu akan hilang, dan porsi makan tidak berlebihan.

4. Bawa bekal dari rumah

Menyiapkan bekal dari rumah bisa membuat Anda terhindar dari makan siang yang praktis namun nilai gizinya rendah. Satu lagi, membawa makan siang dari rumah juga bisa menghemat pengeluaran lho.

0 Response to "Pejuang Diet? Ini 4 Trik untuk Kurangi Porsi Makan Siang Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel