Diet Ketat Tapi Berat Badan Tak Turun-turun? Kenapa?

Hasil gambar untuk ILUSTRASI DIET


Jakarta - Sudah diet ketat tapi berat badan tak kunjung turun? Bisa jadi karena Anda melakukan kesalahan ini. Mulai dari tak cukup tidur hingga kurang serat.

Menurunkan berat badan tak semata-mata memangkas asupan kalori. Ada banyak hal penting yang perlu diperhatikan termasuk tidak melakukan  kesalahan yang diungkap Boldsky (18/7) berikut.

1. Kurang Tidur
Hasil gambar untuk ILUSTRASI kurang tidur

Kurang tidur membuat fungsi dua hormon terbalik. Hormon leptin yang menghadirkan rasa kenyang tak terlalu terganggu, sedangkan hormon ghrelin yang picu rasa lapar lebih terganggu. Pada akhirnya seseorang akan lapar dan makan lebih banyak makanan. Pastikan tidur berkualitas setidaknya 6-7 jam per hari.

2. Ogah-Ogahan Makan Sehat

Hasil gambar untuk ILUSTRASI makanan sehat

Sering kali seseorang menurunkan berat badan karena dicap gemuk oleh orang-orang sekitar. Mereka berusaha mengurangi berat bukan karena kemauan diri sendiri untuk jadi lebih fit. Akibatnya pikiran sudah mengarah pada penurunan berat badan namun seseorang setengah hati beralih ke makanan sehat rendah kalori. Hasilnya diet pun jadi terasa sulit dan tidak seefektif jika keinginan itu datang dari diri sendiri.
3. Tidak Memperhatikan Asupan Kalori

Dengan memperhatikan asupan kalori, seseorang bisa melihat seberapa besar penurunan berat badan per hari dan termotivasi untuk terus melakukannya. Ada banyak aplikasi kesehatan yang bisa dipakai untuk menghitung kalori. Cara sederhana lain adalah dengan membuat jurnal berisi catatan asupan makanan per hari.
4. Memilih Pola Diet yang Salah
Hasil gambar untuk ILUSTRASI pola diet salah
Ada baiknya mempertimbangkan semua pilihan pola diet yang ada. Lebih disarankan untuk mengunjungi ahli gizi agar kesehatan Anda bisa dicek menyeluruh. Siapa tah diet yang Anda perlukan sebenarnya sesederhana membatasi asupan kelompok makanan tertentu.
5. Rencana Diet yang Terlalu Ambisius
Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan cepat sehingga menargetkan hal yang tidak realistik. Misal memangkas banyak berat badan dalam waktu singkat. Cara ini dipastikan tidak efektif karena memungkinkan seseorang tidak konsisten jalani suatu pola diet dan beralih mencoba pola diet baru dengan cepat.
Hal ini juga membuat seseorang justru berakhir kecewa dan patah semangat dalam berusaha menurunkan berat badan. Cobalah menargetkan hal yang realistis, perlahan tapi pasti. Konsisten mengurangi asupan kalori dan rajin berolahraga jadi kuncinya.

0 Response to "Diet Ketat Tapi Berat Badan Tak Turun-turun? Kenapa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel