Pindang Iga dan Iga Asam Pedas, Olahan Iga Sapi Enak untuk Sajian Hari Raya

Jakarta - Punya stok iga sapi saat Idul Adha? Olah jadi sajian tradisional yang enak. Seperti sup, pindang, dan kuah asam yang segar.

Tekstur daging iga yang empuk jadi kunci kelezatan sajian iga. Ada tips untuk mengempukkannya sebelum daging iga diolah lebih lanjut menjadi sup, pindang, dan kuah asam.

1. Mengempukkan Iga

Hasil gambar untuk mengempukan iga

Iga akan empuk bila direbus dengan tepat. Bisa dengan panci biasa atau panci bertekanan. Untuk panci biasa, didihkan air lalu masukkan iga sapi. Kecilkan api dan didihkan hingga busa dan kotoran menggumpal. Angkat kotorannya. Jika daging iga belum empuk bisa ditambahkan air panas. Masak hingga daging iga benar-benar empuk sekitar 2 jam dengan api kecil.

Pada panci bertekanan, masukkan iga ke dalam panci dan beri air secukupnya. Hitung waktu merebus kira-kira 30 menit setelah panci berdesis. Setelah itu iga bisa dibumbui dan direbus sebentar.

2. Sup iga

Hasil gambar untuk SUP IGA
Meski memakai bumbu sederhana, sup berkuah bening ini begitu nikmat. Apalagi kuahnya gurih segar dan potongan iga sapinya empuk. Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, merica, garam, pala bubuk, dan kayu manis. Bahan dan langkah membuatnya bisa dilihat di sini

3. Pindang iga

Hasil gambar untuk Pindang iga

Iga sapi juga enak dibuat pindang. Bumbu rempahnya komplet dengan tambahan cabai yang memberi aksen pedas menyengat. Untuk membuatnya diperlukan 500 gram iga sapi, 1 liter air, 1 lembar daun salam, 1 batang serai, dan ragam bumbu. Lihat resep pindang iga sapi detikFood ini sebagai panduan. 

4. Iga kuah asam segar

Hasil gambar untuk Iga kuah asam segar

Penyuka asam bisa puaskan selera dengan iga kuah asam segar. Bumbunya sederhana berupa cabai, belimbing sayur, dan bawang. Sementara rasa kaldunya gurih segar. Yuk buat dengan melihat resep berikut

5. Iga sapi asam pedas

Hasil gambar untuk Iga sapi asam pedas

Iga sapi berpadu enak dengan kuah asam pedas. Dimakan bersama nasi hangat sudah terasa nikmat. Bumbunya memakai banyak rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai, dan merica bubuk. Tambahan asam Jawa, tomat hijau, dan cabai rawit merah bikin rasanya makin nikmat. Resep iga sapi asam pedas bisa dilihat di sini

0 Response to "Pindang Iga dan Iga Asam Pedas, Olahan Iga Sapi Enak untuk Sajian Hari Raya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel