7 Ciri Leukimia Seperti yang Dialami Putri Denada

Hasil gambar untuk mencegah kanker

TEMPO.Com, Jakarta- Denada harus menerima kenyataan pahit bahwa saat putrinya yang belum genap berusia 6 tahun, Shakira Aurum, didiagnosis Leukimia atau kanker darah. Shakira tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Lewat wawancara bersama di Singapura, mantan istri Jery Aurum ini awalnya tidak mengetahui penyakit yang diderita putrinya. Ia mulai menyadari ada keanehan pada putrinya saat Shakira Aurum pulang berlibur. Denda melihat ada lebam ditubuh buah hatinya, yang disusul demam.

Kanker pada anak memang suit dideteksi. Hal ini lantaran anak atau bayi tidak bisa menceritakan gejala nyeri atau gejala yang dialaminya. Karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengenali tanda-tanda dan gejala Leukimia pada anak agar segera mendapat penanganan. Berikut ini tanda jika anak-anak terkena Leukimia, seperti dilansir dari Health Line.

1. Memar dan Berdarah

Anak yang menderita Leukimia dapat mengalami pendarahan yang lebih banyak dari biasanya setelah cedera ringan atau mimisan. Selain itu, anak juga bisa memar dengan mudah, bahkan hanya dengan benturan lembut atau benda tumpul. Perut sakit dan nafsu makan menurun. Ini karena sel-sel Leukimia terakumulasi di limpa, hati dan ginjal yang bisa menyebabkan perut membesar. Hal ini juga menyebabkan usus memproduksi lebih sedikit cairan pencernaan sehingga mengurangi rasa lapar dan anak mungkin tidak bernafsu makan dalam jumlah normal.

2. Sulit Bernapas

Sel Leukimia dapat menggumpal di sekitar thymus, yang merupakan kelenjar dipangkal leher. Ini bisa menyebabkan anak kesulitan bernapas. Gangguan pernapasan juga bisa terjadi akibat pembengkakan kelenjar getah bening di dada yang terdorong ke arah batang tenggorokan.

3. Sering Infeksi

Sel daraf putih diperlukan untuk melawan infeksi. Tetapi sel darah penderita Leukimia tidak dapat melakukan fungsi itu dengan baik sehingga anak dengan Leukimia sering mengalami serangan virus atau bakteri. Gejala-gejala ini termasuk batuk, demam, dan pilek. Infeksi ini sering tidak kunjung sembuh meski telah menggunakan antibiotik atau pengobatan lainnya.

4. Bengkak

Jika ada pembengkakan dibagian tubuh anak seperti diketiak, persendian, leher, tulang selangka dll, amak ini merupakan tanda anak menderita Leukimia. Sel kanker dapat mempengaruhi kelenjar getah bening di bagian tubuh tersebut dan mengalami pembengkakan.

5. Nyeri Tulang Sendi

Leukimia menyebabkan sel-sel darah berproduksi dengan cepat yang menyebabkan kepadatan sel darah yang berlebih. Penumpukan sel ini dapat menyebabkan sakit dan nyeri tulang sendi seperti bagian lutut, siku, punggung dan bagian lainnya.

6. Anemia

Sel darah merah membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Namun kepadatan sulit menghasilkan sel darah merah yang cukup. Ini menyebabkan suatu kondisi yang disebut anemia. Gejalanya meliputi kelelahan, kulit pucat, napas cepat, lemah, dan pusing.

0 Response to "7 Ciri Leukimia Seperti yang Dialami Putri Denada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel