Resep Es Pisang Hijau yang Mudah dan Terjangkau

Es pisang ijo adalah makanan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Konon di zaman kerajaan Bugis ratusan tahun silam, ada seorang raja yang jahat namun berubah menjadi baik hati setelah memakan pisang ijo hasil seorang juru masak kerajaan bernama Ijo.  Membuatnya mudah dan bahannya terjangkau, yaitu  pisang yang dibalut dengan adonan tepung lembut berwarna hijau dengan tambahan bubur sumsum manis sebagai pelengkap sajiannya.

Hasil gambar untuk es pisang hijau

Bahan Pisang Ijo:
150 gr    Daun suji
300 ml   Air
200 gr    Tepung beras
150 gr    Tepung terigu
½ sdt     Garam
150 gr    Gula
300 ml   Santan kelapa
10 buah Pisang raja matang
300 ml   Santan kelapan
½ sdt     Garam
Bahan    Bubur Sumsum:
100 gr    Tepung beras
200 ml   Air
200 ml   Santan

Bahan Pelengkap:
2000 gr  Es batu serut
350 gr    Sirup pisang ambon
1 kaleng  Susu kental manis

Cara Membuat:
  1. Pisang ijo: Cuci bersih daun suji, lumatkan dalam blender dengan 300 ml air sampai halus. Lalu saring atau peras airnya.
  2. Campur 200 gr tepung beras, tepung terigu, garam, GULAKU, 300 ml santan kelapa, dan air perasan daun suji. Aduk adonan hingga rata dan tidak menggumpal.
  3. Panaskan air dalam kukusan. Lalu, kukus adonan dan pisang raja selama 20 menit dengan api sedang, angkat. Pindahkan adonan dan pisang raja ke dalam baskom yang berbeda. Aduk rata adonan dengan spatula sampai kalis.
  4. Siapkan plastic wrap, letakkan adonan di atasnya, ratakan. Lalu letakkan 1 buah pisang raja di atas adonan dan gulung Lakukan hal yang sama hingga semua pisang terbungkus rapi.
  5. Kukus kembali gulungan pisang ijo selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.
  6. Bubur sumsum: Masukkan 100 gr tepung beras, 200 ml air, 200 ml santan kelapa, dan garam ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk selama 10 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  7. Siapkan mangkuk, masukkan es serut, lalu letakkan bubur sumsum. Potong 1 buah pisang ijo menjadi 6 bagian dan letakkan di atas bubur sumsum. Tuangkan sirup pisang ambon dan susu kental manis. Sajikan.

0 Response to "Resep Es Pisang Hijau yang Mudah dan Terjangkau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel