5 Tips Memasak agar Keluarga Lebih Sehat

Com-Peralatan Makan dan Masak

Anda tentu ingin menyajikan hidangan yang sehat dan bergizi untuk keluarga. Tapi terkadang tanpa disadari, Anda sudah 'kalah duluan' saat proses memasak makanan untuk keluarga lho, Moms.

Dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari laman Today’s Parent, ini hal yang perlu Anda lakukan dan jangan Anda lakukan keitka memasak di rumah:

1. Untuk mendinginkan makanan yang panas, cobalah membagi-bagi makanan ke wadah kecil agar makanan lebih cepat dingin dan siap untuk disantap si kecil maupun suami. Hindari meniup makanan dengan mulut atau nafas Anda. Ini bisa membuat kuman dari mulut berpindah ke makanan.

2. Simpan makanan yang masih tersisa dalam wadah tertutup atau plastik dengan perekat di dalam kulkas. Jangan biarkan terbuka agar tidak tercampur baunya.

3. Jangan meninggalkan makanan di ruangan yang terbuka selama lebih dari dua jam. Hal ini akan buat kualitas makanan menurun dan banyak kuman yang menempel pada makanan. Kesannya sepele, tapi bisa menghindarkan keluarga Anda dari risiko terkena
diare atau bahkan tifus.

Ilustrasi Memasak

4. Jangan letakkan makanan panas langsung di dalam kulkas. Hal ini akan menyebabkan kenaikan suhu dan meningkatkan pertumbuhan jamur dan mikroba.

Misalnya jika Anda membuat puding, pastikan Anda mendiamkannya terlebih dahulu diruangan terbuka agar suhu puding turun baru memasukannya ke dalam kulkas.

5. Jangan lupa memberikan label tanggal pembuatan makanan agar Anda dapat dengan mudah mengingat sampai kapan makanan itu masih bagus untuk dikonsumsi oleh keluarga.

0 Response to "5 Tips Memasak agar Keluarga Lebih Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel