Membuat Susu Kental Manis (SKM) Cuma 3 Bahan. Simple dan Anti Gagal!


Coba-coba bikin SKM alias Susu Kental Manis sendiri nih, bikinnya praktis cukup dengan 3 bahan saja dan memasaknya juga kilat gak sampe setengah jam sudah beres. Yang ini tadinya bikin karena request dari Bunda Fathan, karena penasaran akhirnya brwosing-browsing dan nemu resep kece-nya Cooking Shocking. First trial langsng berhasil, jadinya mayan banyak.. teksturnya lembut dan kerasa banget susunya. Keren uy hasilnya bener-bener mirip aslinya, untuk rasanya malah jauh lebih mantap...Menurut saya pribadi sih hehe...

Berikut ini resepnya :

Bahan :
  • 500 ml susu UHT /susu segar
  • 1 Cangkir gula pasir sekitar 180 g 
  • ¼ sdt baking soda 
CARA MEMBUAT :
  1. Rebus gula dan susu dengan api Sendang selama 15menit sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih pindah ke api agak sedang, pada tahap ini diaduk terus sampai susu kental.
  2. Setelah susu lebih Kental kecilkan api. Selanjutnya setelah tekstur susu sudah hampir sekental susu SKM, segera matikan api. Lalu masukkan baking soda aduk hingga rata, nanti adonan akan berbuih putih, aduk cepat sampai buih hilang. 
  3. Setelah buih hilang maka akan terlihat teksturnya sekarang benar-benar mirip dengan susu kental manis. Yang ini lebih nendang ya guys.. rasanya manis gurih dan legit.. Lembut dan enak, jauh lebih enak daripada SKM beli lho..
Silahkan dicoba semoga berhasil.
1 resep ini bisa jadi sekitar 350-250 ml, sesuai kekentalan yang diinginkan ya....

Tips dan trik seputar membuat Susu kental manis:

Untuk penggunaan susu, disarankan yang jenis susu segar kemasan atau UHT ya, karena pernah nih saya bikin dari susu segar asli yang ada malah teksturnya pecah. Mungkin juga karena susu segarnya wkatu itu sudah masuk freezer jadi emang sudah gak fresh lagi ya.

Selain pecah, hasil akhirnya juga beda ya, bergerindil dan gak semulus yang menggunakan susu segar kemasan. But for the taste, it’s still good and I like it, jadi untuk rasanya gak masalah, tetap enak cuma ya itu tadi untuk tampilannya jadi kurang bagus.

0 Response to "Membuat Susu Kental Manis (SKM) Cuma 3 Bahan. Simple dan Anti Gagal!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel