penulis: Tia | Editor: Ria
Di pusat perbelanjaan, anda akan mudah jumpai stand-stand kecil yang menjual aneka jajanan. Salah satu jajanan yang hampir tidak pernah saya lewatkan yaitu jasuke, yang merupakan kependekan dari jagung, susu, dan keju. Dalam satu cup sajiannya, anda akan mendapatkan jagung pipilan kukus yang disiram krimer kental manis dan diberi taburan keju parut.
Untuk ukuran makanan berbahan jagung, harga 1 cup jasuke terbilang mahal. Apalagi jika penggemar dan sering membelinya seperti saya. Akhirnya, saya pun coba membuatnya sendiri di rumah. Tidak hanya mudah, bahan yang digunakan pun lebih berkualitas dan lebih hemat!
Coba: Resep Jasuke
1. Pilih jagung muda yang manis
Kalau ingin jasuke buatan anda rasanya enak, jangan sampai salah pilih jagung. Pilihlah jagung manis yang belum terlalu tua, supaya tidak keras. Lebih bagus lagi kalau ukuran biji jagungnya besar-besar. Karena lebih tebal dan akan membuat setiap gigitannya terasa lebih empuk serta renyah.
2. Pipil biji jagung dan cuci bersih
Untuk membuat jasuke, yang dibutuhkan hanya biji jagungnya saja. Jadi, anda perlu memipil atau menyisir biji jagung dari bonggolnya terlebih dahulu. Memipil biji jagung bisa dilakukan dengan menggunakan pisau. Atau kalau anda ingin hasilnya lebih rapi, gunakan alat khusus pemipil jagung yang banyak dijual di pasaran maupun toko online.
Setelah dipipil, cuci bersih biji jagung dengan air mengalir. Kemudian tiriskan hingga kering.
3. Kukus pipilan biji jagung selama 10 menit
Selama ini banyak yang bingung, jagung untuk jasuke itu direbus atau dikukus. Jawabannya adalah dikukus. Karena kalau direbus, ada kemungkinan jagung akan overcooked dan teksturnya terlalu lembek. Jadi, kurang enak untuk disantap.
Didihkan air pada panci kukusan. Kemudian, kukus pipilan jagung sekitar 10 menit hingga empuk. Saat mengukus, pastikan biji jagung tidak saling menumpuk dan tersebar di seluruh permukaan panci. Supaya, biji jagung tersebut dapat matang dan empuk secara merata.
4. Masukkan seluruh bahan ke dalam wadah saji sesuai urutan
Selain jagung manis, ada 2 bahan lain yang anda butuhkan untuk membuat jasuke, yaitu margarin dan krimer kental manis. Seluruh bahan ini harus dimasukkan ke dalam wadah sesuai urutan, supaya rasanya seimbang dan krimer tidak cepat mencair. Urutannya adalah jagung, margarin, jagung, dan kremer kental manis.
5. Taburkan parutan keju cheddar
Yang namanya jasuke atau jagung-susu-keju, kehadiran keju parut tidak boleh dilupakan. Pilih keju jenis cheddar agar lebih gurih dan lezat. Setelah diparut, taburkan keju cheddar di atas sajiannya. Kemudian, aduk rata seluruhnya dan jasuke siap untuk disantap, deh.