Agar Lebih Bernutrisi Tambahkan 5 Bahan Ini Dalam Omelet Buat Sarapan


Foto: iStock

Jakarta - Sarapan praktis paling pas dengan telur. Telur tinggi protein dan cara memasaknya pun sangat mudah. Agar omelet yang dibuat lebih sehat, ikuti 5 cara ini.

Telur menjadi salah satu lauk hewani yang populer. Tak hanya mudah di dapat, cara pengolahannya juga sangat mudah. Namun, untuk menghasilkan omelet yang sehat tentu ada beberapa cara. Omelet atau telur dadar sering kali dibuat dengan cara digoreng dan berlimpah minyak, sehingga ini akan menghasilkan banyak kalori di menu sarapan Anda.

Ada beberapa tips dan trik mudah untuk menambah nutrisi dalam omelet tanpa menambah nilai kalori yang tidak sehat. Dikutip dalam NDTV (20/07) Berikut ini beberapa tips membuat omelet sehat dan enak untuk sarapan bergizi.


1. Tambahkan lebih banyak sayuran

Agar Lebih Sehat, Omelet untuk Sarapan Bisa Dibuat dengan 5 Cara Ini!


Cara terbaik untuk menambahkan serat dan lebih banyak vitamin dan mineral ke omelet adalah dengan menambahkan sayuran di dalamnya. Wortel, brokoli hingga bayam bisa jadi pilihan sayuran yang enak ditambahkan ke telur dadar atau omelet. 

Beberapa sayuran ini dapat menambahkan kandungan gizi dan membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan menambahkan sayuran ke omelet, Anda juga bisa sekaligus mengonsumsi serat, vitamin dan juga mineral. Cukup potong-potong sayuran dan kocok bersama dengan telur. Enak dimakan dengan nasi atau kentang rebus.


2. Tambahkan protein

Agar Lebih Sehat, Omelet untuk Sarapan Bisa Dibuat dengan 5 Cara Ini!


Untuk orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan bisa menambahkan jenis protein lain ke dalam sajian omelet. Protein dapat membantu menurunkan berat badan dan juga membantu Anda mendapatkan massa otot yang lebih baik. Selain itu, protein juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Protein yang bisa Anda tambahkan dalam sajian omelet adalah jamur serta quinoa untuk tambahan proteinnya. Selain kenyang, protein ini juga bisa membuat rasa dan tekstur yang unik.


3. Masak dengan lemak sehat

Agar Lebih Sehat, Omelet untuk Sarapan Bisa Dibuat dengan 5 Cara Ini!


Daripada menggunakan minyak kelapa sawit atau mentega untuk memasak omelet, Anda bisa memilih jenis minyak yang lebih sehat. Salah satunya adalah minyak kelapa hingga minyak zaitun. Ini bisa mengurangi kandungan lemak jenuh dalam sajian omelet yang Anda buat. Namun, gunakan minyak dalam jumlah yang sedikit dan tak terlalu besar apinya.

Jika Anda harus menggunakan mentega untuk membuat omelet, cobalah batasi jumlahnya hanya satu sendok teh atau maksimal dua sendok teh untuk satu porsi omelet.


4. Tambahkan daging dan keju

Agar Lebih Sehat, Omelet untuk Sarapan Bisa Dibuat dengan 5 Cara Ini!

Tidak semua jenis keju buruk untuk kesehatan. Keju seperti feta, cottage dan keju Swiss bisa jadi sumber protein dan kalsium yang sehat. Selain itu, menambahkan potongan ayam rebus ke dalam omelet atau daging merah cincang juga bisa jadi pilihan yang sehat. 

5. Pilih bumbu yang tepat

Agar Lebih Sehat, Omelet untuk Sarapan Bisa Dibuat dengan 5 Cara Ini!

Membumbui omelet Anda dengan cara yang benar dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Tambahkan lada, paprika dan jinten ke dalam omelet Anda agar metabolisme dalam tubuh bekerja lebih baik. Hindari penggunaan garam dan msg berlebih saat membuat omelet.

0 Response to "Agar Lebih Bernutrisi Tambahkan 5 Bahan Ini Dalam Omelet Buat Sarapan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel