Cara Gampang Turunkan Berat Badan, Pikirkan Hal Ini Saat Masak!

Foto: iStock


Jakarta - Mendisiplinkan diri untuk makan sehat tidaklah mudah. Namun penelitian terbaru menunjukkan trik mental sederhana ini bisa jadi solusi. 

Penelitian soal kebiasaan makan sehat terus dilakukan. Kali ini para peneliti Universitas Tübingen, Jerman mengungkap temuan terbaru.

Dikutip dari Today (23/7), para peneliti menemukan faktor mental yaitu pikiran berperan penting untuk menentukan kebiasaan makan sehat. Partisipan yang lebih memikirkan makan sehat saat menyiapkan makanan terbukti lebih mungkin mengonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil.



Dalam penelitian, partisipan dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama diminta fokus memikirkan manfaat kesehatan makanan, kelompok kedua fokus pada rasa nikmat makanan dan kelompok ketiga pada rasa kenyang. Sedangkan grup kontrol tidak diminta apa-apa.

Hasilnya partisipan di kelompok pertama memilih porsi makan lebih kecil dibanding partisipan di kelompok lain. Dengan kata lain, penelitian ini menunjukkan jika Anda berusaha makan lebih sehat, sebaiknya fokus pada tujuan sehat saat menyiapkan makanan sendiri.

"Pemindaian otak menunjukkan bagaimana pendekatan ini bisa memicu aktivitas di korteks prefrontal, yang terkait dengan pengendalian diri dan rencana makan ke depannya," tulis para peneliti. 


Cara Gampang Turunkan Berat Badan, Pikirkan Hal Ini Saat Masak!


Sementara itu, pemimpin penelitian yaitu Stephanie Kullmann mengatakan hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi obesitas di Amerika Serikat. "Kenaikkan kasus obesitas sejak tahun 1950-an secara langsung paralel dengan peningkatan ukuran porsi makan," ujarnya.

"Kami menemukan saat seseorang mengubah pola pikirnya ketika menyiapkan makanan, secara potensial bisa memperbaiki kontrol porsi makannya," pungkas Kullmann.

0 Response to "Cara Gampang Turunkan Berat Badan, Pikirkan Hal Ini Saat Masak!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel